Jumat, 25 Februari 2011

Copy-Paste Adalah Hal Biasa ?


Copy-Paste atau yang belakangan ini biasa disebut COPAS. Pasti sudah pada tahu tentang hal yang satu ini, atau bahkan sering melakukan hal seperti ini? Copy-Paste disini bukan hanya bermaksudkan bagian dari kita mengcopy data atau sesuatu lalu mempastenya begitu saja, tetapi lebih merujuk kepada hal negatif seperti pencurian dan juga misalnya dalam mengerjakan tugas kita tidak mau capek jadi copas deh. hehehe . . ., sebenarnya hal ini sudah ada sejak lama, dan mulai ramai dibicarakan setelah beberapa tahun silam mungkin karena ada beberapa peristiwa pembajakan besar - besaran dan juga kelakuan - kelakuan Plagiarisme.

COPAS dan Plagiarisme, menurut saya pribadi secara Fundamentalnya adalah sama karena dalam arti negatif copas itu mengambil sesuatu tanpa memberitahu pemilik dari sesuatu tersebut, atau minimal mencantumkan atrribute dari pemiliknya tersebut.

Mahasiswa sering mendapatkan tugas baik dari Dosen ataupun dari Kampus itu sendiri, pasti sering melakukan hal seperti ini. Dan yang terparah dari hal ini adalah jika semua Mahasiswa di Indonesia mempunya pola pikir seperti ini maka akan terbentuklah Generasi Muda yang hanya berpikir pasif, membuntut yang mengakibatkan banyak hal - hal fatal seperti tidak bisa berperan di masyarakat. Hal tersebut terjadi karena mereka sangat mudah terjebak dan terbawa arus hedonisme dan materialisme, tanpa filterisasi dalam diri mereka. 

Selain hal negatif diatas masih banyak hal - hal buruk yang bisa diakibatkan jika semua manusia hanya berpikiran copy-paste dalam hal apapun. Membuat tidak berpikir kritis, selalu mencari kepraktisan dan keintelektualan menurun karena tidak mau diasah.


Kesimpulan   :
Pada intinya Copas atau copy-paste dalam hal negatif tentunya, adalah suatu perbuatan yang terlarang atau bisa dibilang melanggar hukum, karena hal ini hampir sama seperti halnya plagiarisme dan sejenisnya. Jadi kita tidak boleh melakukan hal ini karena mengakibatkan resiko-resiko negatif pula pada kehidupan dan pola pikir kita.

Saran            :
Saran saya, untuk menghindari perbuatan ini adalah dengan kita mau berusaha dengan apa yang kita miliki, tidak mudah menyerah untuk berpikir positif dan selalu optimis dengan apa yang kita perbuat.
Atau jika kita memang mengcopy sesuatu atau baha halusnya mengkutipkan sesuatu setidaknya kita mencantumkan link dari yang kita ambil tadi.






Semoga Bermanfaat


Referensi :
http://www.google.com/
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/02/12/136770/19/Budaya-Copy-Paste-Mahasiswa
http://4.bp.blogspot.com/_B2ccGdkvFWE/TL_wwsGvpXI/AAAAAAAABcw/5JRMLsjjU88/s1600/copypaste.jpg.png
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/wp-content/uploads/2011/02/Copy-Paste-4-A-300x300.gif

0 komentar:

Posting Komentar